Thursday, June 13, 2013


Faktor-faktor yang Mempengaruhi Partikel Density - Adapun faktor – faktor yang mempengaruhi proses particle density yaitu kadar air, tekstur tanah, stuktur tanah, topografi dan bahan organik. Kelima faktor ini sangat berpengaruh dalam proses particle density  dan sangat berhubungan erat satu sama lainnya dan faktor-faktor ini memiliki peranan yang amat penting. Tanpa adanya pengaruh kadar air maka proses particle density tidak berlangsung karena air sangat mempengaruhi volume kepadatan tanah, dan jika particle density tidak dipengaruhi oleh tekstur dan stuktur maka volume kepadatan tanah tidak kita ketahui karena tanah tersususn oleh fraksi pasir, fraksi liat dan fraksi debu sehingga untuk mengetahui volume kepadatan tanah tentulah sangat dipengaruhi oleh tekstur dan stuktur, selain itu kandungan bahan organik di dalam tanah sangatlah mempengaruhi volume kepadatan tanah(Hanafiah, 2005).  

Tanah yang memiliki kandungan bahan organik yang banyak berbeda volume kepadatan tanahnya bila dibandingkan tanah yang memiliki  kandungan bahan organik yang sedikit selain itu topografi juga sangat mempengaruhi volume kepadatan tanah jika tanah yang terletak pada topografi yang curam maka kemampuan untuk mengikat air itu lebih rendah dibandingkan tanah yang terletak pada topografi yang datar, apabila tanah terletak pada topografi yang curam maka kemampuan untuk mengikat air rendah sehingga volume kepadatan tanah akan lebih besar bila dibandingkan tanah yang memilki topografi datar (Hanafiah, 2005).  

Pengaruh Partikel Density Terhadap Tanaman
Tanah permukaan biasanya mempunyai kerapatan yang lebih kecil dari sub soil, karena berat bahan organik pada tanah permukaan lebih kecil dari pada berat benda padat tanah mineral dari subsoil, volume yang sama. Top soil banyak mengandung bahan organik sehingga Particle Density-nya pun rendah. Walaupun demikian, perhitungan perhitungan secara garis besar tanah permukaan yang diolah dianggap mempunyai kerapatan butir kurang dari 2,65 gr/cm.Particle Density berdasarkan fase padat tanah Berat jenis butiran tanah adalah berat suatu volume fase padat tanah, biasanya dinyatakan gr/cm3. Berat jenis butiran ini beragam antara 2,6-2,7 gr/cm3 rata rata berat tanah mineral biasanya sebesar 2,67 gr/cm3 untuk kepentingan praktis sehingga menentukan nilai Particle Density (Anonim,2012)

Jika Particle Density suatu lahan rendah, maka tanah tersebut kurang baik untuk dijadikan media tanam. Sebaliknya jika nilai Particle Density tinggi, maka bagus untuk dijadikan suatu media tanam bagi produktivitas tanaman. Bahan organik memiliki berat yang lebih kecil dari berat benda pada tanah mineral yang lain dalam volume yang sama, jumlah bahan organik dalam tanah jelas mempengaruhi kerapatan butir. Akibatnya tanah permukaan biasanya kerapatan butirnya lebih kecil dari sub soil (Hardjowigeno, 1992).